Pages

Kamis, 20 Oktober 2011

Komunikasi

Materi PDB VI


Pengertian :
             Komunikasi adalah "suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain

Fungsi Komunikasi :
• fungsi kontrol : pengendali perilaku
• fungsi motivasi : faktor meningkatkan motivasi
• fungsi ekspresi perasaan : penyampai perasaan kepada orang lain
• fungsi informasi : penyampai data /informasi, lebih lanjut berguna untuk pengambilan keputusan
 
Komonen Komunikasi :
Komponen komunikasi adalah hal-hal yang harus ada agar komunikasi bisa berlangsung dengan baik. Menurut Laswell komponen-komponen komunikasi adalah:
  1.   Pengiriman atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain.
  2.   Saluran (channel) adalah media dimana pesan disampaikan kepada komunikan. dalam komunikasi  antar-pribadi (tatap muka) saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getaran nada/suara. 
  3.   Penerima atau komunikate (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain
  4.  Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan yang disampaikannya.
  5.  Aturan yang disepakati oleh para pelaku komunikasi tentang bagaimana komunikasi itu akan di jalankan.

Arah Komunikasi :
> Komunikasi vertikal
   - Komunikasi ke bawah (memberi pengarahan, informasi, instruksi, dll)
   - Komunikasi keatas (suplai informasi yang terjadi di tk.bawah: laporan periodik, penjelasan, gagasan, dll)
> Komunikasi Lateral/Horizontal
   - Komunikasi antara anggota dalam kelompok yang sama
   - Komunikasi antara departemen pada tingkatan organisasi yg sama
   - Bersifat koordinatif
> Komunikasi Diagonal

Komunikasi Formal & Informal :
> Formal
   - Dikendalikan oleh manajemen
   - Kadang-kadang menghambat proses komunikasi
   - Sebagian besar digunakan dlm penyelesaian tugas
> Informal
   - Tidak dikendalikan oleh manajemen
   - Mudah diterima
   - Digunakan untuk menjalin hubungan lebih erat

Hambatan Komunikasi Efektif :
  1. Hambatan-hambatan organisasional
    • Tingkatan hierarki
    • Wewenang manajerial
    • Spesialisasi
  2. Hambatan-hambatan antar pribadi
    • Persepsi selektif
    • Status/kedudukan komunikator
    • Keadaan membela diri
    • Pendengaran lema
    • Ketidaktepatan penggunaan bahasa

2 komentar: