Pages

Kamis, 24 November 2011

Struktur Organisasi

Materi PDB VIII

Struktur Organisasi >>
  • merupakan suatu pembagian, pengelompokan dan pengordinasian tugas2 or pekerjaan di antara para anggota organisasi, agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan efisien.
  • kerangka kerja organisasi dinamakan sebagai Desain Organisasi.
  • Bentuk spesifik dari kerangka kerja organisasi dinamakan dengan Struktur Organisasi.
  • Jadi struktur organisasi sendiri adalah bagaimana pekerjaan dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasikan secara formal
Tujuan Struktur Organisasi >>
  • Membagi pekerjaan yg harus dilakukan ke sejumlah departemen.
  • Membagi tugas dan tanggung jawab yg berkaitan dengan masing2 pekerjaan.
  • mengkoordinasikan berbagai tugas organisasi.
  • Membangun hubungan antar individu, kelompok dan departemen.
  • Menetapkan garis wewenang.
  • Mengalokasikan dan menggunakan secara efektif sumber daya organisasi.
Faktor yg mempengaruhi Struktur Organisasi >>
1. Strategi Organisasi.
2. Skala Organisasi.
3. Teknologi.
4. Lingkungan.



Unsur2 dalam Struktur Organisasi >>
  • Pembagian kerja (division of work) / Spesialisasi kerja
  • Pengelompokan Pekerjaan (Departmentalization)
  • Penentuan relasi antar bagian dalam organisasi (hierarchy) -> rantai komando, rentang kendali
  • Formalisasi.

Desain organisasi yang Umum
> Struktur sederhana
   adalah sebuah struktur yang dicirikan dengan kadar departementalisasi yang rendah, rentang kendali yang luas, wewenang yang terpusat pada seseorang saja, dan sedikit formalisasi.
> Birokrasin
   adalah sebuah struktur dengan tugas-tugas operasi yang sangat rutin yang dicapai melalui spesialisasi, aturan dan ketentuan yang sangat formal, tugas-tugas yang dikelompokkan ke dalam berbagai departemen fungsional, wewenang terpusat, rentang kendali yang sempit, dan pengambilan keputusan yang mengikuti rantai komando.
> Struktur Matriks 
  adalah sebuah struktur yang menciptakan garis wewenang ganda dan menggabungkan departementalisasi fungsional dan produk.


Desain struktur organisasi modern
> Struktur Tim
   adalah pemanfaatan tim sebagai perangkat sentral untuk mengoordinasikan kegiatan-kegiatan kerja.
> Organisasi virtual
   adalah organisasi inti kecil yang menyubkontrakkan fungsi-fungsi utama bisnis.
> Organisasi nirbatas 
   adalah sebuah organisasi yang berusaha menghapuskan rantai komando, memiliki rentang kendali tak terbatas, dan mengganti departemen dengan tim yang diberdayakan.

Faktor penentu struktur organisasi >>
Berikut adalah faktor-faktor utama yang diidentifikasi menjadi penyebab atau penentu struktur suatu organisasi:
  1. Strategi.
  2. Ukuran organisasi.
  3. Teknologi.
  4. Lingkungan.
Materi PDB selanjutnya :  PDB IX

referensi :
  1. Stikom Surabaya "http://blog.stikom.edu/diah/"
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Struktur_organisasi#Desain_Struktur_Organisasi_Modern


0 komentar:

Posting Komentar