Materi PDB VI
Pengertian :
Komunikasi adalah "suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain
Fungsi Komunikasi :
• fungsi kontrol : pengendali perilaku
• fungsi motivasi : faktor meningkatkan motivasi
• fungsi ekspresi perasaan : penyampai perasaan kepada orang lain
• fungsi informasi : penyampai data /informasi, lebih lanjut berguna untuk pengambilan keputusan
• fungsi kontrol : pengendali perilaku
• fungsi motivasi : faktor meningkatkan motivasi
• fungsi ekspresi perasaan : penyampai perasaan kepada orang lain
• fungsi informasi : penyampai data /informasi, lebih lanjut berguna untuk pengambilan keputusan
Komonen Komunikasi :
Komponen komunikasi adalah hal-hal yang harus ada agar komunikasi bisa berlangsung dengan baik. Menurut Laswell komponen-komponen komunikasi adalah:
- Pengiriman atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain.
- Saluran (channel) adalah media dimana pesan disampaikan kepada komunikan. dalam komunikasi antar-pribadi (tatap muka) saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getaran nada/suara.
- Penerima atau komunikate (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain
- Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan yang disampaikannya.
- Aturan yang disepakati oleh para pelaku komunikasi tentang bagaimana komunikasi itu akan di jalankan.
> Komunikasi vertikal
- Komunikasi ke bawah (memberi pengarahan, informasi, instruksi, dll)
- Komunikasi keatas (suplai informasi yang terjadi di tk.bawah: laporan periodik, penjelasan, gagasan, dll)
> Komunikasi Lateral/Horizontal
- Komunikasi antara anggota dalam kelompok yang sama
- Komunikasi antara departemen pada tingkatan organisasi yg sama
- Bersifat koordinatif
> Komunikasi Diagonal
Komunikasi Formal & Informal :
> Formal
- Dikendalikan oleh manajemen
- Kadang-kadang menghambat proses komunikasi
- Sebagian besar digunakan dlm penyelesaian tugas
> Informal
- Tidak dikendalikan oleh manajemen
- Mudah diterima
- Digunakan untuk menjalin hubungan lebih erat
Hambatan Komunikasi Efektif :
- Hambatan-hambatan organisasional
- Tingkatan hierarki
- Wewenang manajerial
- Spesialisasi
- Hambatan-hambatan antar pribadi
- Persepsi selektif
- Status/kedudukan komunikator
- Keadaan membela diri
- Pendengaran lema
- Ketidaktepatan penggunaan bahasa
Ok, Bagus.
BalasHapusiya, terimah kasih...
BalasHapus