Materi PDB VIII
Struktur Organisasi >>
- merupakan suatu pembagian, pengelompokan dan pengordinasian tugas2 or pekerjaan di antara para anggota organisasi, agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan efisien.
- kerangka kerja organisasi dinamakan sebagai Desain Organisasi.
- Bentuk spesifik dari kerangka kerja organisasi dinamakan dengan Struktur Organisasi.
- Jadi struktur organisasi sendiri adalah bagaimana pekerjaan dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasikan secara formal
- Membagi pekerjaan yg harus dilakukan ke sejumlah departemen.
- Membagi tugas dan tanggung jawab yg berkaitan dengan masing2 pekerjaan.
- mengkoordinasikan berbagai tugas organisasi.
- Membangun hubungan antar individu, kelompok dan departemen.
- Menetapkan garis wewenang.
- Mengalokasikan dan menggunakan secara efektif sumber daya organisasi.
1. Strategi Organisasi.
2. Skala Organisasi.
3. Teknologi.
4. Lingkungan.
Unsur2 dalam Struktur Organisasi >>
- Pembagian kerja (division of work) / Spesialisasi kerja
- Pengelompokan Pekerjaan (Departmentalization)
- Penentuan relasi antar bagian dalam organisasi (hierarchy) -> rantai komando, rentang kendali
- Formalisasi.
Desain organisasi yang Umum
> Struktur sederhana
adalah sebuah struktur yang dicirikan dengan kadar departementalisasi yang rendah, rentang kendali yang luas, wewenang yang terpusat pada seseorang saja, dan sedikit formalisasi.
> Birokrasin
adalah sebuah struktur dengan tugas-tugas operasi yang sangat rutin yang dicapai melalui spesialisasi, aturan dan ketentuan yang sangat formal, tugas-tugas yang dikelompokkan ke dalam berbagai departemen fungsional, wewenang terpusat, rentang kendali yang sempit, dan pengambilan keputusan yang mengikuti rantai komando.
> Struktur Matriks
adalah sebuah struktur yang menciptakan garis wewenang ganda dan menggabungkan departementalisasi fungsional dan produk.
Desain struktur organisasi modern
> Struktur Tim
adalah pemanfaatan tim sebagai perangkat sentral untuk mengoordinasikan kegiatan-kegiatan kerja.
> Organisasi virtual
adalah organisasi inti kecil yang menyubkontrakkan fungsi-fungsi utama bisnis.
> Organisasi nirbatas
adalah sebuah organisasi yang berusaha menghapuskan rantai komando, memiliki rentang kendali tak terbatas, dan mengganti departemen dengan tim yang diberdayakan.
Faktor penentu struktur organisasi >>
Berikut adalah faktor-faktor utama yang diidentifikasi menjadi penyebab atau penentu struktur suatu organisasi:
- Strategi.
- Ukuran organisasi.
- Teknologi.
- Lingkungan.
referensi :
- Stikom Surabaya "http://blog.stikom.edu/diah/"
- http://id.wikipedia.org/wiki/Struktur_organisasi#Desain_Struktur_Organisasi_Modern
0 komentar:
Posting Komentar