Pages

Kamis, 17 Maret 2011

array

program cukup komplek mmbutuhkn variabel dlm jmlah besar. kita mungkin saja mendeklarasikan variabel2 tersebut satu per satu. Andaikan sebuah program membutuhkan 5 variabel bertipe int, maka bs saja ke 5 variabel tersebut kita di deklarasika seperti biasa.
       int a,b,c,d,e; 
 maka akn timbul persoalan jika kita mendeklarasikan variabel yg banyak contohnya 100...apakah kt akn mendeklarasikan varibel 1 per 1, maka akn membutuhkan waktu yg lama. Selain masalah waktu yg lama kita juga kesullitan dalam masalah mencari nama, inget bahwa tidak boleh ada yg sama nama antara variabel 1 dengn yg lain.
 java menawarkan konsep array untuk solusi mendeklarasikan sejumlah variabel dgn jumlah banyak dan cepat. dengan konsep ini dapat memperhemat waktu dan jg lebih evisien.
biar gak bertele-tele mari kita cobo.
contoh:
public class array
{
  public static void main(String args[])
 {
   int [] angka;
   angka = new int [5];
   System.out.println("jumlah elemen = "+angka.length);
 }
}

kelebihan bahasa java pada array adalah untuk mengetahui jumlah elemen dari sautu variabel array. kemampuan ini sangat bermanfaat pada saat kita membuat program yang menggunakan variabel array dan kita ingin memproses seluruh elemenya tanpa kita ketahui berapa jumlah elemen variabel tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar